Indo Office

Perusahaan Yang Tidak Bisa Menggunakan Virtual Office

Virtual office atau disebut juga kantor virtual merupakan sebuah terobosan dalam dunia bisnis yang memungkinkan seorang pengusaha mendirikan usaha tanpa harus memiliki kantor fisik. Hal ini sangat menguntungkan karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan menyiapkan sebuah lahan, gedung, serta fasilitas kantor fisik. Selain biaya pengadaan bisa ditekan, biaya operasional kantor juga jauh lebih murah.

Virtual office merupakan sesuatu yang legal dan telah mendapatkan perizinan di Indonesia. Sehingga anda tetap bisa mendapatkan izin usaha walaupun tidak memiliki alamat fisik.

Perusahaan Yang Tidak Bisa Menggunakan Virtual Office

Meskipun demikian, tidak semua jenis usaha diperbolehkan hanya memiliki kantor virtual. Beberapa jenis tetap diharuskan memiliki sebuah kantor fisik sebagai alamat domisili yang terdaftar. Berikut jenis-jenis perusahaan yang tidak bisa virtual office :

  1. E-commerce

E-commerce merupakan jenis usaha yang tengah naik daun di Indonesia. Jenis usaha yang sebagian besar diisi oleh generasi milenial dan menjunjung tinggi fleksibilitas ini justru mendapatkan tentangan dari pemerintah untuk memiliki virtual office. Tetapi larangan pemerintah terhadap e-commerce untuk memiliki virtual office bukan tanpa alasan.

Bisnis yang dijalankan oleh e-commerce berbasis online dan sangat rentan terhadap penipuan. Sehingga pemerintah mengharuskan e-commerce memiliki kantor fisik untuk melindungi konsumen dari resiko penipuan dan sebagai alat kontrol pemerintah terhadap e-commerce agar menjalankan bisnisnya dengan sehat dan sesuai aturan.

  1. Konstruksi

Perusahaan bidang konstruksi merupakan suatu jenis usaha yang membutuhkan izin usaha khusus serta modal yang cukup besar. Ditambah kendaraan dan alat berat yang harus dimilikinya bernilai sangat mahal. Selain besar dan berat, alat-alat konstruksi umumnya tidak ramah lingkungan dimana dapat menyebabkan polusi suara dan merusak lokasi sekitar. Sehingga pemerintah mengharuskan perusahaan bidang konstruksi memiliki kantornya sendiri untuk menyimpan berbagai alat berat serta memelihara aset yang dimilikinya.

  1. Properti

Jenis usaha yang dilakukan perusahaan bidang properti adalah real estate, penyewaan kantor, jual beli rumah dan apartemen, serta beberapa jenis lainnya. Pada umumnya usaha dalam bidang ini membutuhkan modal yang besar serta mengalami arus keuangan yang sangat besar. Jenis kantor, rumah, atau gedung lainnya yang ditransaksikan harus jelas kepemilikannya. Sehingga pelaku bisnis bidang properti diharuskan memiliki kantor fisik sebagai alamat domisili demi menghindari berbagai bentuk penipuan dan penyalahgunaan.

  1. Pariwisata

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata membutuhkan sebuah izin khusus yang disebut TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata). Untuk mendapatkan tanda izin ini, Kementerian Pariwisata akan mengunjungi dan melakukan survei ke lokasi usaha anda. Pemeriksaan tidak hanya dilakukan sekali, melainkan dilakukan secara bertahap. Terlebih jika usaha yang anda jalankan mengharuskan anda memiliki dapur.

Tidak hanya usaha dengan kepemlikan dapur seperti hotel dan restoran yang akan diperiksa oleh Kementerian Pariwisata. Tetapi usaha seperti jasa perjalanan wisata, transportasi pariwisata, objek wisata, penyelenggara kegiatan hiburan dan rekreasi juga akan diperiksa sehingga harus memiliki suatu lokasi yang jelas dan terdaftar.

Itulah beberapa jenis persahaan yang tidak diizinkan untuk menggunakan virtual office dan tetap harus memiliki sebuah kantor fisik. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi customer dan meningkatkan iklim bisnis yang sehat di Indonesia. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau konsumen mengalami kekecewaan.

Jika anda tertarik untuk memiliki virtual office sendiri, percayakan kepada layanan kami Indooffice. Temukan kami di link di  http://indooffice.id/. Kami menyediakan layanan private office dan virtual office dengan alamat yang bergengsi. Harga yang kami tawarkan juga sangat menarik. Selain itu kami juga memberikan layanan untuk membantu mengurus legalitas perusahaan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Hay, Anda yang bisa kami bantu?
Powered by